MAMUJU, Mekora.id – Sebanyak 40 calon pelatih dari berbagai Kabupaten di Sulawesi Barat (Sulbar), mengikuti Training of Trainer (ToT) Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa (PKAD) yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Hotel Matos, Mamuju.
ToT pelatihan PKAD ini dilakukan berbasis Learning Management System (LMS) dengan dua kelas yakni Pengelolaan Keuangan Desa (PKD) dan kelas Perencanaan Pembangunan Desa (PPD), yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada, 18-22 Desember 2024.
Kepala Dinas PMD Sulawesi Barat, Yakub F Solon, setelah menjadi pembicara dalam kegiatan itu mengatakan nantinya para calon pelatih ini akan menjadi penyambung pemerintah pusat untuk mengajarkan tata kelola keuangan dan perencanaan desa dengan sistem digitalisasi berbasis Learning Management System (LMS).
“Jadi nanti desa akan diajarkan bagaimana pelaporan berbasis online sesuai dengan metode LMS, ini menjadi titik balik untuk pelaporan kegiatan-kegiatan di desa nantinya,” ungkap Yakub, Kamis, (21/11/2024) malam.
Yakub menambahkan, pelaporan pengelolaan di Desa dengan sistem digitalisasi ini akan dilakukan secara bertahap. Dia menyebut nanti akan ada wilayah sebagai pilot projek. Setelah itu pelaporan dengan digitalisasi LMS ini akan diterapkan penuh ke seluruh pemerintah desa sebanyak 576 Desa di Sulbar.
“Pelaporan dengan mekanisme online ini akan bertahap dilaksanakan, untuk nantinya diterapkan ke 576 desa yang ada di Sulbar. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih pada Kemendagri telah melakukan pelatihan ini,” lanjut Yakub.